LATAR BELAKANG ORGANISASI

Perkumpulan  LPAD merupakan Lembaga Sosial Masyarakat di Riau yang berdiri pada bulan 14 Desember 2000. Lembaga ini bertujuan untuk memperjuangkan demokrasi hak asasi manusia di Indonesia. Dalam perkembangannya, LPAD telah berpengalaman bekerja bersama dengan beberapa donor dengan issue-issue lingkungan, pemberdayaan politik rakyat, pemberdayaan ekonomi rakyat, pemberdayaan dan peningkatan kesehatan perempuan dan anak, pelaksanaan penelitian dan penerbitan, penyelenggaraan pendidikan dan latihan, penyediaaan data, informasi dan publikasi.

Sebagai lembaga sosial yang juga konsen dalam hal pemberdayaan politik rakyat, LPAD pernah melakukan kegiatan Monitoring terhadap kinerja anggota DPRD Propinsi Riau bekerjasama dengan CSSP dan USAID. Dalam hal pelaksanaan penelitian dan penerbitan serta penyediaan data, informasi dan publikasi LPAD melakukan kegiatan kajian ekonomi rumah tangga masyarakat di kawasan Semenanjung Kampar bersama FFI.

Kegiatan dengan mengangkat issue-issue lingkungan yang juga relevan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan melakukan kegiatan Perlindungan Jangka Panjang & Pengelolaan secara Efektif Lansekap Semenanjung Kampar & Ekosistemnya dengan bidang kegiatan Membangun Kolaborasi Para Pihak dalam Menjamin Pemanfaatan Kawasan oleh Masyarakat di Lanskap Semenanjung Kampar bersama Konsorsium Jikalahari-TFCA Sumatera dan Kegiatan Perbaikan Bentang Alam Giam Siak Kecil – Bukit Batu dengan Pendekatan Proteksi, Restorasi Berbasis Masyarakat Serta Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat bersama Konsorsium Giam Siak Kecil Bukit Batu ( GSK – BB ) – Yayasan Belantara.

Dari pengalaman-pengalaman diatas, LPAD  telah mempunyai kemampuan dan pengalaman dalam bidang Pendampingan dan Penguatan masyarakat dalam pengelolaan kawasan dan peningkatan ekonomi serta kelembagaannya. LPAD juga sudah berpengalaman dalam melaksanakan riset-riset ekonomi dan sosial, pemetaan partisipatif, restorasi wilayah gambut (rewetting, revitalisasi dan revegetasi) membangun ekowisata kawasan hutan berbasis masyarakat.

LPAD merupakan salah satu lembaga pendiri  dan juga tergabung sebagai anggota Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (JIKALAHARI), FKKM dn PWYP.